Beredar Hoaks Seputar Mie Sedaap

Beredar Hoaks Seputar Mie Sedaap

Beredar
Beredar Hoaks Seputar Mie Sedaap

NewsUpdate – Di sedang arus informasi yang beredar cepat, misinformasi atau apalagi berita tidak benar (hoaks) mampu menyebar benar-benar mudah. Salah satu isu yang belakangan ini nampak di lebih dari satu platform tempat sosial, khususnya TikTok adalah seputar produk mi instan, yaitu Mie Sedaap yang memiliki kandungan pestisida.

Di platform tempat sosial tersebut, nampak sebuah unggahan potongan gambar atau video berita yang diunggah akun @fauzia.hm dan meng-capture berita keliru satu TV nasional bersama framing negatif “Yang bahagia makan MIE SEDAP Hati2 ya!!”.

Unggahan tersebut pun dilengkapi bersama narasi larangan untuk mengonsumsi mi goreng didalam kala dekat dikarenakan Mie Sedaap memiliki kandungan pestisida.

Dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Tim Cek Fakta Kominfo pada Kamis (17/10/2024) melaksanakan penelusuran atas unggahan yang menohok Mie Sedaap.

Hasil penelusuran Kominfo atas beredar unggahan bersama framing negatif ke Mie Sedaap adalah video lama yang disiarkan oleh Kompas TV pada Kamis (29/9/2022). Video itu pun berisi berita Mie Sedaap yang memiliki kandungan pestisida di Hong Kong.

Padahal, dilansir dari Badan Pengawas Obat dan Makanan Indonesia (BPOM), mereka udah menambahkan klarifikasi atas isu yang lebih dari satu th. selanjutnya mencuat tersebut. BPOM menjelaskan, produk mi instan yang ditarik di Hong Kong berlainan bersama produk bermerek mirip yang beredar di Indonesia.

Sesuai bersama Persyaratan yang Ada

Produk Mie Sedaap yang beredar di Indonesia udah memenuhi beberapa syarat yang ada. Pasalnya, Mie Sedaap KSC udah mengantongi sertifikat halal dan juga punyai sertifikat ISO 22000 berkenaan Standar Internasional Manajemen Keamanan Pangan.

Selain itu, Mie Sedaap termasuk udah punyai Sertifikasi ISO 9001 berkenaan Standar Internasional Sistem Manajemen Mutu. Tak hanya itu, Mie Sedaap KSC termasuk tidak memakai Etilen oksida (EtO) didalam setiap produksinya.

Mie Sedaap pun udah diekspor ke 30 negara selama lebih dari satu th. terakhir. Hal itu menyatakan bahwa Mie Sedaap udah mengikuti standar mesti ekspor dan keamanan pangan dunia, termasuk kandungan, pengemasan, hingga pelabelan produk.

Nah, Mie Sedaap yang diisukan miring oleh pihak yang tidak terpercaya tersebut adalah Mie Sedaap Korean Spicy Chicken. Untuk itu, lihat disinformasi atau hoaks yang beredar tentang Mie Sedaap Korean Spicy Chicken, masyarakat mesti menyikapi secara bijak segala informasi yang beredar di tempat sosial bersama merujuk pada sumber kredibel dan juga terpercaya fungsi mendapatkan kebenaran riil.

Leave a Reply

NewsUpdate