Kaisang Klarifikasi Mengenai Jet Pribadi

Kaisang

Kaisang Klarifikasi Mengenai Jet Pribadi

Kaisang
Kaisang Klarifikasi Mengenai Jet Pribadi

NewsUpdate – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep menyatakan soal pemakaian jet khusus ke Amerika Serikat (AS) beberapa waktu selanjutnya bersama dengan sang istri, Erina Gudono. Diketahui, pemakaian jet khusus tersebut memetik polemik, karena dikira ada unsur gratifikasi.

Saat ditanya berkenaan itu, Kaesang meyakinkan pesawat tersebut bukanlah mempunyai dirinya melainkan punya teman. Bahkan dia menyebut, dirinya dan istri cuma nebeng.

“Penggunaan pesawat itu (jet pribadi) aku numpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya rekan saya,” memahami Kaesang kepada awak sarana di Gedung Lama punya KPK, Jakarta, Selasa (17/9/2024).

Kaesang menegaskan, Kedatangan dirinya adalah sebuah inisiatif. Menurut dia, dirinya cuma warga negara biasa dan bukan penyelenggara negara.

“Kedatangan aku ke KPK sebagai warga negara. Saya bukan penyelenggara negara, aku bukan pejabat,” tegas Kaesang.

Dia mengaku, kedatangannya cuma untuk mengklarifikasi soal pemakaian jet khusus yang ditumpanginya ke Amerika Serikat.

“Saya mengklarifikasi berkenaan perjalanan aku di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat (AS), yang numpang atau bahas bekennya nebeng lah, nebeng pesawatnya rekan saya,” Kaesang menandasi.

Soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang, Jokowi: Semua Sama di Mata Hukum

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo, yang akrab disapa Jokowi, memberi tambahan tanggapannya berkenaan dugaan gratifikasi pemakaian jet khusus yang melibatkan putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Jokowi meyakinkan bahwa semua warga negara, terhitung Kaesang, mempunyai kedudukan yang mirip di mata hukum.

“Ya itu semua warga negara mirip di mata hukum. Ya itu aja,” kata Jokowi di Stadion Utama Gelora Bang Karno (GBK) Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Ketua KPK Nawawi Pomolango menunjukkan bahwa pemanggilan terhadap Kaesang Pangarep bisa saja saja terjadi, mengingat hubungannya sebagai putra Presiden Joko Widodo.

Dugaan Gratifikasi

Pemanggilan ini berkenaan laporan dugaan gratifikasi atas pemakaian jet khusus Gulfstream G650 ke Amerika Serikat bersama dengan istrinya, Erina Gudono.

“Melihat seorang Kaesang sebagai bukan penyelenggara negara. Kita mesti melihat Kaesang kaitannya bersama dengan penyelenggara negara gitu, ada keluarganya,” ujar Nawawi di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Nawawi terhitung menunjukkan sudah memerintahkan Direktorat Gratifikasi dan Direktorat Pengaduan Laporan Masyarakat untuk menangani masalah yang melibatkan Kaesang Pangarep.

“Kita sudah memintakan untuk mereka melaksanakan klarifikasi. Kaesang kan enggak sanggup dianggap secara personal. Semua publik memahami bahwa Kaesang adalah… Apa? Bisa dilanjutin, gitu kan? Sudah dipahami,” kata Nawawi tanpa menyebut nama Presiden Jokowi.

Leave a Reply

NewsUpdate